KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,
Saya mengucapkan “Selamat Datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dalam pembelajaran online mata kuliah Teori Komunikasi 1
IDENTITAS DOSENNama Dosen : Heriyanti, ST.,M.Ikom Kode Dosen : 7066 Nomor HP : 0856 011 49226/ 0812 827 3870 Alamat Email : heriyanti@esaunggul.ac.idIDENTITAS MATA KULIAH
Nama mata kuliah :Teori Komunikasi 1
Kode mata kuliah :
Program studi :Ilmu Komunikasi
Fakultas :Ilmu Komunikasi
DESKRIPSI MATA KULIAH
Teori Komunikasi 1
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian teori
komunikasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis teori, sifat teori, dan fungsi teori komunikasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan teori komunikasi komunikator
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori komunikasi pesan
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori komunikasi media
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori komunikasi khalayak
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori efek komunikasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan model-model komunikasi linear, two steps, multi steps, dan uses and gratification
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori komunikasi intrapersonal
- Mahsiswa dapat menjelaskan teori komunikasi interpersonal (disonansi kognitif social genetration, construction
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori, komunikasi organisasi dan kelompok
- Mahsiswa dapat menjelaskan teori komunikasi massa - agenda setting
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori komunikasi massa-efek media massa
METODE PERKULIAHAN
Pembelajaran mata kuliah Teori Komunikasi 1 menggunakan pembelajaran campuran kuliah tatap muka dan kuliah online (hybrid learning). Semua kegiatan tatap muka tercatat dalam web Siakad (http://siakad.esaunggul.ac.id), sedangkan kegiatan kuliah online tercatat di web elearning (http://elearning.esaunggul.ac.id). Kegiatan di luar dua web tersebut tidak diakui oleh Universitas.
TOPIK PEKULIAHAN
Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :
- Pengertian teori dalam bidang komunikasi
- Jenis-jenis teori komunikasi di lihat dari tingkatan dan fungsinya
- Teori komunikasi-komunikator yang efektif
- Teori komunikasi pesan yang efektif
- Teori komunikasi media yang efektif
- Teori komunikasi khalayak yang efektif
- Teori efek komunikasi
- Teori komunikasi berdasarkan model
- Teori komunikasi intrapersonal dan jendela johari
- Teori komunikasi Interpersonal
- Teori komunikasi organisasi
- Teori komunikasi massa uses and gratification
- Teori komunikasi massa agenda setting
- Teori komunikasi massa - media effect
BUKU REFERENSI
1. Littlejhon & Foss, Humas Communication Theory, Sage Publication, 2008
2. Emery M. Griffin, First Look Communication Theory, Prentice-Hall International, 2005.
3. Sasa Djuarsa Sendjaja, Teori Komunikasi, Universtitas Terbuka, Jakarta, 2002.
PENILAIAN
- Kehadiran : 10%
- UTS : 30 %
- UAS : 30%
- Tugas-kuis : 15%
- Tugas-online : 15%
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian teori
komunikasi
Forum online tanggal 2 April 2020 pukul 20.00 wib
Bagi pelaku bisnis lebih efektif mana beriklan di media billbord atau televisi ? sampaikan opini kalian.