Klik untuk melihat pesan/pengumuman dari Dosen Pengampu
Bahan Diskusi: Developing Marketing Mix
Fokus dari kegiatan pemasaran adalah bagaimana perusahaan mampu menciptakan nilai yang tinggi sehingga pelanggan merasa puas. Untuk dapat menciptakan value yang tinggi secara komprehensif maka perusahaan harus mengkoordinasikan semua potensi (resources) yang dimiliki dan menyatukannya menjadi tindakan yang terintegrasi. Konsep ini dikenal sebagai integrated marketing program. Philip Kotler dalam bukunya menulis:
When all of the company’s departments work together to serve the customers’ interests, the result is integrated marketing. Integrated marketing takes place on two levels. First, the various marketing functions—sales force, advertising, customer service, product management, marketing research—must work together. All of these functions must be coordinated from the customer’s point of view. Second, marketing must be embraced by the other departments. According to David Packard of Hewlett-Packard: “Marketing is far too important to be left only to the marketing department!”
Pertanyaan: bagaimana cara melakukan integrasi untuk semua variabel Marketing Mix agar tercapai sinergi untuk superior customer value?