KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warakhmatullaahi wabarakaatuh,
Saya mengucapkan “Selamat Datang” kepada para mahasiswa, selamat datang dalam pembelajaran online mata kuliah Teori Komunikasi 1
IDENTITAS DOSENNama Dosen : Heriyanti, ST.,M.Ikom Kode Dosen : 7066 Nomor HP : 0856 011 49226/ 0812 827 3870 Alamat Email : heriyanti@esaunggul.ac.idIDENTITAS MATA KULIAH
Nama mata kuliah :Teori Komunikasi 1
Kode mata kuliah :
Program studi :Ilmu Komunikasi
Fakultas :Ilmu Komunikasi
DESKRIPSI MATA KULIAH
Teori Komunikasi 1
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan mahasiswa mampu :
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian teori
komunikasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis teori, sifat teori, dan fungsi teori komunikasi
- Mahasiswa mampu menjelaskan teori komunikasi komunikator
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori komunikasi pesan
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori komunikasi media
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori komunikasi khalayak
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori efek komunikasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan model-model komunikasi linear, two steps, multi steps, dan uses and gratification
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori komunikasi intrapersonal
- Mahsiswa dapat menjelaskan teori komunikasi interpersonal (disonansi kognitif social genetration, construction
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori, komunikasi organisasi dan kelompok
- Mahsiswa dapat menjelaskan teori komunikasi massa - agenda setting
- Mahasiswa dapat menjelaskan teori komunikasi massa-efek media massa
METODE PERKULIAHAN
Pembelajaran mata kuliah Teori Komunikasi 1 menggunakan pembelajaran campuran kuliah tatap muka dan kuliah online (hybrid learning). Semua kegiatan tatap muka tercatat dalam web Siakad (http://siakad.esaunggul.ac.id), sedangkan kegiatan kuliah online tercatat di web elearning (http://elearning.esaunggul.ac.id). Kegiatan di luar dua web tersebut tidak diakui oleh Universitas.
TOPIK PEKULIAHAN
Adapun topik-topik perkuliahan terdiri dari :
- Pengertian teori dalam bidang komunikasi
- Jenis-jenis teori komunikasi di lihat dari tingkatan dan fungsinya
- Teori komunikasi-komunikator yang efektif
- Teori komunikasi pesan yang efektif
- Teori komunikasi media yang efektif
- Teori komunikasi khalayak yang efektif
- Teori efek komunikasi
- Teori komunikasi berdasarkan model
- Teori komunikasi intrapersonal dan jendela johari
- Teori komunikasi Interpersonal
- Teori komunikasi organisasi
- Teori komunikasi massa uses and gratification
- Teori komunikasi massa agenda setting
- Teori komunikasi massa - media effect
BUKU REFERENSI
1. Littlejhon & Foss, Humas Communication Theory, Sage Publication, 2008
2. Emery M. Griffin, First Look Communication Theory, Prentice-Hall International, 2005.
3. Sasa Djuarsa Sendjaja, Teori Komunikasi, Universtitas Terbuka, Jakarta, 2002.
PENILAIAN
- Kehadiran : 10%
- UTS : 30 %
- UAS : 30%
- Tugas-kuis : 15%
- Tugas-online : 15%
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian teori
komunikasi
Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
2 March - 8 March
- 2
9 March - 15 March
- 3
16 March - 22 March
Forum dilakukan tanggal 26 Maret 2020, Pukul 21.00
Topik Komunikasi efektif terkait penanganan virus covid 19
- 4
23 March - 29 March
Tanggal 26 Maret 2020 pukul 21.00
Topik " Pesan penangangan viris covid 19 dengan tradisi semiotik
- 5
30 March - 5 April
Forum online tanggal 2 April 2020 pukul 20.00 wib
Bagi pelaku bisnis lebih efektif mana beriklan di media billbord atau televisi ? sampaikan opini kalian.
- 6
6 April - 12 April
Forum dilakukan tanggal 9 April 2020
"Jelaskan perubahan sosial khalayak yang terjadi setelah adanya media sosial", sampaikan opini kalian
- 7
13 April - 19 April
- 8
20 April - 26 April
- 9
27 April - 3 May
- 10
4 May - 10 May
- 11
11 May - 17 May
- 12
18 May - 24 May
- 13
25 May - 31 May
- 14
1 June - 7 June
- 15
8 June - 14 June
- 16
15 June - 21 June
- 17
22 June - 28 June
- 18
Pertemuan 14 : 29 June - 12 July
- 19
Pelaksanaan U A S : 13 July - 18 July
- 20
Pelaksaan U A S : 20 July - 25 July
Ujian Akhir Semester/UAS - Minggu ke 2