KATA PENGANTAR
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua
Selamat berjumpa dalam pembelajaran online (universitas cyber) , yang memberikan kemudahan bagi Anda untuk belajar sambil bekerja ( belajar sambil melakukan ). Tidak terikat oleh tempat dan waktu, di mana saja dan kapan saja. Sepanjang Anda memiliki motivasi untuk belajar, mulai dari mau menjadi mampu dan akhirnya berhasil. Semoga!
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Jakarta, 2 Maret 2020
PERKULIAHAN ONLINE, DIMULAI PADA PERTEMUAN SESI 3, SAMPAI DENGAN PERTEMUAN SESI 7
Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
2 March - 8 March
- 2
9 March - 15 March
- 3
16 March - 22 March
Forum Diskusi
Pembelajaran ke-Indonesia-sebagai bentuk tanggung jawab moral dan akademik pendidikan tinggi dalam membina siswa dan agar pemuda benar-benar menjadi orang Indonesia. Pertanyaan mendasar apakah selama ini orang Indonesia belum menjadi bangsa Indonesia? Jawabannya tidak . S emua warga negara Indonesia harus menjadi bangsa Indonesia yang sah dan memiliki kedudukan yang sama di muka h ukum. Permasalahannya Adalah bagaimana bangsa Indonesia DAPAT Bertahan Hidup ( survival ) , Mampu Menghadapi Tantangan Abad ke- 21 yang berorientasi keterbukaan dan kecakapan untuk bisa menjadi sejahtera, aman dan damai. Pengaruh euforia reformasi MEMBUAT bangsa Indonesia Hampir-hampir lupa Diri bahwa Dirinya adalah bangsa Indonesia. Anda mendukung untuk memberikan tanggapan yang argumentatif dan ilmiah atas persetujuan tersebut di atas!
- 4
Pertemuan 4
Forum Diskusi
Jangan Pernah mengubah Sejarah demi k epentingan Kelompok ATAU golongan Tertentu . Karena pada akhirnya dapat menciderai bangsa dan mengaburkan fakta sejarah yang sebenarnya . Akibatnya DAPAT mempengaruhi Dan mengubah PERSEPSI Warga Negara Terhadap Fakta Sejarah , s ehingga akan Terjadi ketidak - jelasan Dan perubahan Cara pandang ATAU PERSEPSI. Tentu akan berpengaruh Ke PADA pembentukan keperibadian bangsa, mengubah Karakter Dan PADA akhirnya mengubah diidentifikasi t sebagai bangsa. Contoh adanya desakan segelintir 'masyarakat Yang berkepentingan untuk review mengubah Sejarah G30S / PKI, padahal hasil temuan Konfirmasi ditunjukan kepada Pelaku Sejarah Yang Masih Hidup Dan turun-Langsung menyaksikan DENGAN mata kepala Sendiri Terhadap persitiwa G 30 S / PKI, menyatakan Fakta Sejarah bahwa per adalah Tiwa G 30 S / PKI Benar adanya. Tentu Suami Harus Menjadi Acuan hearts mempertahan k sebuah Benar Sejarah yang. Bagaimana menurut pendapat Anda terhadap keingginan mengubah sejarah? Jelaskan!
- 5
30 March - 5 April
Forum Diskusi
Secara historis, wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan (Belanda dan Jepang). Perjuangan bangsa Indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan, sedangkan di sisi lain kaum kolonial terus menggunakan politik devide et impera pecah bela dan kuasa. Kendati demikian, perlawanan para pahlawan telah membuktikan bahwa semangat perjuangan bangsa Indonesia yang tidak pernah padam dalam mengusir penjajah di wilayah nusantara. Kesadaran tersebut kemudian mendorong lahirnya pergerakan Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908 yang merupakan tonggak awal sejarah perjuangan bangsa yang bersifat nasional, disusul tahun 28 Oktober 1928 Para Pemuda mengumandangkan ikrar Sumpah Pemuda; bertanah air satu, berbangsa satu dan bahasa Indonesia, hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 yang merupakan embrio keberadaan wawasan kebangsaan Indonesia. Secara berturut-turut periodesasi 1908 disebut perintis, 1928 disebut penegas, dan 1945 disebut de-fakto/yure merdeka. Secara implementatatif Wawasan Nusantara adalah untuk mewujudkan satu kesatuan dalam bidang POLEKSOSBUDHANKAM dan satu kesatuan teritorial Indonesia yang dikenal dengan istilah archipelago. Jelas apa sebetulnya yang dimaksud dengan isitalah archipelago, perintis dan penegas dalam pemantapan wawasn kebangsaan!!!
- 6
6 April - 12 April
Forum Diskusi
Integrasi Nasional secara antropologis ini berarti bahwa proses penyesuaian diantara unsur- unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu kesatuan fungsi di dalam kehidupan masyarakat. Kita ketahui dengan wilayah dan budaya yang luas dan melimpah itu akan menghasilkan karakter atau manusia manusia yang berbeda pula sehingga dapat mengancam keutuhan bangsa Indonesia. menurut Pendapat Anda dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, kita sering mendengar di TV dan di google Keadaan isu SARA di dunia Maya dan media Sosial terendus begitu panas, tetapi praktiknya ternyata tidak sebesar demikian. Menurut Anda apakah yang menyebabkan kejadian tersebut begitu panas di dunia Maya di bandingkan dengan dunia nyata?
- 7
13 April - 19 April
Forum Diskusi
Menjelang kemerdekaan penjajah Belanda membuat kebijakan tentang batas-batas wilayah territorial Indonesia. Kebijakan tersebut tertuang dalam ordenansi 1939, diman mengatur batas wilayah laut Indonesia 3 mil di ukur dari garis pangkal pantai dalam posisi air laut surut. Sebagaimana diketahui bahwa 1 mil ekwivalen dengan 1,609 km, sehingga kalau 3 mil berarti panjang wilayah perairan dari pangkal pantai 4,827 km. Panjang Selat Sunda 30 km, bila ditarik dari Merak Pulau Jawa ke arah laut lepas 4,827 km dan dari Bakauheni Pulau Sumatra 4,827 km berarti di Selat Sunda ada laut bebas sepanjang 20,346 km atau sekitar 12,645 mil. Padahal wilayah nusantara merupakan wilayah kepulauan archipelago), oleh sebab itu bila dilihat dari aspek keutuhan wilayah teritorial, maka dapat dikatakan tidak cocok untuk wilayah Indonesia. Jelaskan apa motivasi penjajah Belanda menetapkan kebijakan ordenansi 1939 tersebut!
- 8
20 April - 26 April
- 9
27 April - 3 May
- 10
4 May - 10 May
Forum Diskusi
Pada Ketahanan Nasional ada istilah Pancagatra dan Trigatra, atau lazim dikenal dengan metode astagtara. Untuk mengetahui suatu kondisi negara maka metode astagatra dapat dianalisa pada bagian-bagaian mana atau gatra-gatra mana yang mengalami kondisi penurunan, stabil atau kenaikan. Hal ini karena fungsi ketahanan nasional adalah untuk menangkal acaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) sehingga menciptakan suatu kondisi ideal bangsa dan negara Indonesia. Anda diminta untuk mendesskripsikan satu contoh, boleh ditulis bentuk narasi (diskripsi) dan/atau gambar ATHG pada salah satu atau beberapa gatra.
- 11
11 May - 17 May
Forum Diskusi
Rasa cinta tanah air dapat diimplementasikan dalam wujud pikiran, sikap dan tindakan yang menghadirkan rasa memiliki (sense of belonging) terhadap bangsa dan negara Indonesia. Misalnya: dengan konsisten mempergunakan produk dalam negeri. Muncul ekspresi rasa kebanggaan kalau memakai hasil (made in) Indonesia. Dapat dicontohkan membeli sepatu, pakaian, peralatan rumah tangga, perabotan dan lainnya adalah produksi lokal, bukan produk impor dari negara lain. Dalam hal kuliner, akan ada rasa senang dengan mengkonsumsi makanan atau kuliner “ala Indonesia asli” yang bahan-bahannya bersumber dari dalam negeri. Dipandang perlu membudayakan makanan tradisional khas Indonesia yang kaya gizi, vitamin dan nutrisi seperti: singkong, tahu, tempe dan kuliner-kuliner yang khas daerah dari Sabang sampai Merauke, seperti Mie Aceh, Rendang Padang, Mpek-mpek Palembang, Soto Betawi, Gudeg Jogya, Rawon Jatim, Soto Makasar, dan lainnya. Kenapa harus membeli ayam di Kentucky? Kenapa harus membeli roti di MacDonald? Padahal ayam goreng dan kuliner Indonesia asli tersedia sangat banyak dan bervariasi di bumi ibu pertiwi ini. Mana yang anda utamakan kuliner ala Indonesia, atau kuliner produk impor. Beri penjelasan!
- 12
18 May - 24 May
- 13
25 May - 31 May
- 14
Pertemuan 10 :
1 June - 7 JunePada hakikatnya, eksistensi norma, tumbuh, berlangsung dan berkembang oleh adanya manusia-manusia yang hidup dalam masyarakat. Norma sebagai produk kebudayaan yang berwujud sistem sosial yang mengatur segala bentuk sikap dan tingkah laku masyarakat. Pada awalnya norma dibentuk dari suatu kesepakatan atau konensus bersama masyarakat yang terlibat didalamnya. Kemudian digunakan sebagai pedoman dan acuan bagi warga masyarakat dalam bersikap dan berperilaku dalam sistem sosial budaya yang pedomani oleh kominitas masyarakat tersebut.
Dalam kehidupan bermasyarakat manusia memerlukan aturan-aturan tertentu karena tidak semua orang bisa berbuat sesuka hatinya dan menurut kehendak masing-masing. Jika keinginan seseorang dipaksakan terhadap orang lain, akan terjadi benturan dengan keinginan pihak lain.
Norma sebagai aturan yang lebih mengikat pada sistem sosial dan budaya masyarakat, biasanya kita mengetahui norma berlaku pada dalam suatu lingkungan masyarakat atau etnis tertentu, ternyata di dunia ini terdapat norma yang berlaku secara universal di semua wilayah untuk semua umat manusia. Seperti berupa larangan mencuri, begal, dan merampok, tidak boleh memperkosa dan berzina, jangan membunuh, diharamkan berdusta, dan lain sebagainya berupa larangan untuk tidak melakukan ternyata norma atau larangan ini berlaku umum dan tidak saja berlaku di suatu wilayah. Menurut pandangan Anda mengapa aturan dan larangan norma-norma tersebut seragam di semua negara!
- 15
Pertemuan 11 :
8 June - 14 JuneHarmoni kewajiban dan hak negara dan warga negara, merupakan suatu keselarasan, keseimbangan dan keserasian yang saling memenuhi. Jika suatu kewajiban sudah tunai diprsembahkan atau dilakukan oleh warga negara, maka hendaknya negara secara konsisten memenuhi hak-hak warga negara. Di Indonesia, sejak 1945 pemikiran tentang HAM mulai terfokus pada kemerdekaan, yaitu kemerdekaan berbicara dan berpendapat, kebebasan memeluk agama, bahkan pembentukan organisasi dan partai politik telah mendapatkan legitimasi UUD 1945. Sebagai implementasi, lahir Undang-Undang Nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum. Menurut pandangan Anda bagaimana cara menyampaikan orasi yang baik untuk menyampaikan pesan kepada wakil Rakyat yang ada di DPR dan MPR! Dan perlukah kericuhan atau perilaku merusak dilakukan agar suara Mahasiswa bisa didengarkan!
- 16
Pertemuan 12 :
15 June - 21 JuneAda sebuah ungkapan yang tidak asing lagi di telinga kita yaitu Hukum itu tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Salah satunya mungkin sebagian dari Mahasiswa pernah melihat atau mendengar ketika ada kasus korupsi milyaran rupiah, tetapi pelaku nya di berikan hukuman yang ringan dan terdengar pula kabar bahwa bisa pelakunya bisa mendapatkan perlakuan khusus seperti membeli sel tahanan. Pada kasus yang pernah terjadi beberapa tahun silam, Beberapa Pelaku korupsi terlihat dapat keluar masuk sel tahanan bahkan ada salah satunya yang dapat keluar dan menonton live sepak bola kemudian mendapat perlakuan istimewa dengan mendapatkan kamar yang mewah dengan adanya fasilitas AC, TV, karaoke dan kasur yang nyaman seolah kamar tahanan adalah tempat liburan yang nyaman untuk nya. Tetapi di situasi dan kasus yang lain yang mirip tapi ecek-ecek, pelaku mencuri ayam yang pelakunya kepepet karena kaluarganya kelaparan dan tertangkap warga dihakimi sampai babak belur bahkan ada yang sampai meninggal. Dengan berkaca pada kejadian demikian menurut anda apakah hukum di indonesia sudah bisa dikatakan tidak memandang kaya atau miskin. berikan tanggapan Anda mengenai hal ini!
- 17
22 June - 28 June
Kita ketahui bahwa Pemilu dilakukan secara demokratis diselenggarakan tahun 1999 dimenangkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, kemudian tahun 2004 untuk pertama kali Bangsa Indonesia menyelenggarakan pemilihan umum presiden. Perubahan sistem demokrasi di Indonesia, menimbulkan berbagai pandangan yang pro dan kontra, sebab menyangkut esensi dari demokrasi Pancasila sebenarnya adalah terkandung dalam sila ke-4 (empat), yang mencirikan demokrasi tidak langsung dengan sistem perwakilan. Maka untuk melaksanakan demokrasi langsung, harus tercantum dalam konstitusi UUD 1945, lalu dilakukan amandemen UUD 1945 untuk memberikan payung hukum terhadap pelaksanaan demokrasi langsung di Indonesia. Menurut Anda apakah pemilu di indonesia sudah dikatakan baik jujur, transparan dan terbuka!
- 18
Pertemuan 14 :
29 June - 5 JulyMenurut Ristek Dikti (2016), sebagai suatu negara demokrasi, demokrasi Indonesia memiliki kekhasan. Dengan mensitir pendapat Meriam Budiardjo dalam buku Dasar-Dasar Ilmu Politik (2008), demokrasi yang dianut di Indonesia adalah demokrasi yang berdasarkan Pancasila yang masih terus berkembang dan sifat dan ciri-cirinya terdapat berbagai tafsiran dan pandangan. Meskipun demikian tidak dapat disangkal bahwa nilai-nilai pokok dari demokrasi konstitusional telah cukup tersirat dalam UUD NRI 1945. Mengikuti pendapat Mohammad Hatta, yang dikenal sebagai Bapak Demokrasi Indonesia bahwa kita sudah mengenal tradisi demokrasi jauh sebelum Indonesia merdeka, yakni demokrasi desa. Demokrasi desa atau desa-demokrasi merupakan demokrasi asli Indonesia, yang bercirikan tiga hal (1) cita-cita rapat, (2) cita-cita massa protes, dan (3) cita-cita tolong menolong. Ketiga unsur demokrasi desa tersebut merupakan dasar pengembangan ke arah demokrasi Indonesia yang modern. Demokrasi Indonesia yang modern adalah “daulat rakyat” tidak hanya berdaulat dalam bidang politik, tetapi juga dalam bidang ekonomi dan sosial. Menurut Anda apakah demokrasi di indonesia benar-benar telah mengangkat ketiga unsur tersebut!
- 19
6 July - 12 July
- 20
13 July - 19 July