Klik untuk melihat pesan/pengumuman dari Dosen Pengampu
Klik untuk melihat pesan/pengumuman dari Dosen Pengampu
Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
Pertemuan 1
2 March - 8 March - 2
Pertemuan 2
9 March - 15 March** Sudah Terlaksana ** Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 4--9 Mei 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-2.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Anda adalah seorang guru baru di sebuah sekolah. Anda ditugaskan untuk mengajar di kelas IV C. Suatu ketika, Anda sedang menjelaskan materi tentang jenis-jenis tumbuhan dikotil dan monokotil. Namun, kebanyakan siswa di kelas tersebut tidak mau menyimak apa yang Anda jelaskan. Bagaimana sikap Anda untuk mengondisikan kelas tersebut agar menjadi lebih tertib dan para siswanya mau menyimak materi yang Anda jelaskan!
- 3
Pertemuan 3
16 March - 22 MarchJadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 23-- 28 Maret 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-3.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.
Topik DiskusiTuliskan kendala (internal dan eksternal) yang sering Anda hadapi ketika menyimak pembelajaran di perkuliahan (kelas)!
- 4
Pertemuan 4
23 March - 29 MarchJadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 23--28 Maret 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Topik diskusi
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-4.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Jika Anda adalah seorang guru SD dan ingin melakukan pembelajaran menyimak, tuliskan satu contoh materi beserta strategi peningkatan daya simak yang cocok untuk diterapkan pada saat itu!
- 5
Pertemuan 5
30 March - 5 AprilJadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 30 Maret--4 April 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-5.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Tuliskan hal-hal yang menjadi kendala Anda saat berbicara di depan umum dan jelaskan bagaimana cara Anda mengatasinya!
- 6
Pertemuan 6
6 April - 12 AprilJadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 6--11 April 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-6.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Sebutkan (minimal satu) tokoh atau publik figur yang menurut Anda memiliki kemampuan yang baik dalam hal berbicara! Jelaskan alasan Anda!
- 7
Pertemuan 7
13 April - 19 AprilJadwal Diskusi:
Hari: Senin-- Sabtu
Tanggal: 13--18 April 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-7.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Tuliskan secara singkat simpulan di antara materi 1—6. Pilihlah salah satu materi saja yang paling kalian pahami/ kuasai.
- 8
Pelaksaan UTS
20 April - 26 AprilUjian Tengah Semester /UTS - 9
Pelaksaan UTS
27 April - 3 MayUjian Tengah Semester /UTS - 10
4 May - 10 May
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 4--9 Mei 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-8.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
1. Bacalah artikel singkat berikut!
2. Tuliskan solusi yang menurut Anda efektif dari masalah tersebut!
- 11
11 May - 17 May
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 11--16 Mei 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-9.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
1. Bacalah puisi berikut yang ditulis oleh sastrawan Indonesia: Marhalim Zaini
Siapakah Engkau, Corona
Sejak engkau datang, kami mengurung diri
dalam rumah. Mengunci pintu dan jendela, menutup
Lubang angin, menutup segala yang terbuka dari rasa
takut. Padahal kami tak tahu, engkau ada di luar
Atau di dalam tubuh kami.Siapakah engkau, Corona?
Engkau mengusir kami dari Jalan-jalan, mal, pasar,
kantor-kantor, sekolah, kampus-kampus, bahkan
dari rumah ibadah kami. Padahal kami selalu tak mampu
untuk keluar dari keramaian dalam kepala kami.Siapakah engkau, Corona.
Engkau datang seperti bala tentara dalam
operasi senyap. Menembaki ribuan orang
di seluruh dunia dengan peluru kecemasan,
padahal kami hanya orang biasa yang tak
Punya senjata, yang selalu percaya bahwa
perang hanya untuk para tentara.Siapakah engkau, Corona?
Hari ini, kami memang akhirnya mengunci diri
Dalam rumah, tapi kami tidak sedang menyerah.
Peluru-peluru sedang kami siapkan dari doa-doa
yang setiap saat kami rapalkan. Kami punya iman
yang setiap waktu menyala dalam kegelapan.Tapi siapakah engkau, Corona.
Apakah engkau hanya datang sebagai pengecut, yang
menyerang saat kami buta. Saat kami kerap lalai
menyalakan api iman dalam dada. Saat kami terlalu
bahagia dengan gemerlap dunia, dan lupa pada
dosa-dosa.Corona, siapapun engkau, kami tak lagi peduli.
Karena hari ini, kami sedang berdiam dalam diri,
mencari tahu, siapakah kami sesungguhnya
dalam tubuh yang fana.Marhalim Zaini, 2020
2. Setelah membaca puisi tersebut, tuliskan tanggapanmu dengan dikaitkan kondisi yang sedang terjadi saat ini! Tanggapan yang ditulis dapat berkaitan dengan tujuan si penulis menulis puisi tersebut atau tanggapanmu sebagai pembaca!
- 12
18 May - 24 May
- 13
25 May - 31 May
- 14
1 June - 7 June
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 1--6 Juni 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-10.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
1. Bacalah ulasan buku berikut
https://alterteguh.wordpress.com/2019/02/05/kura-kura-berjanggut/#more-1428
2. Tuliskan poin-poin yang diulas penulis dalam tulisannya tersebut!
- 15
8 June - 14 June
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 8--13 Juni 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-11.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Ketika Anda sedang mengajarkan keterampilan menulis cerita, ada beberapa siswa Anda yang ternyata memiliki bakat dalam menulis. Mereka gemar menuangkan pikirannya dalam bentuk cerita. Namun, ketika Anda mencoba untuk membaca cerita-cerita yang mereka tulis, mereka malu untuk memberikannya kepada Anda sehingga Anda tak memiliki kesempatan untuk membaca hasil karya mereka.
Jika Anda memiliki beberapa siswa dengan karakteristik yang seperti itu, strategi apa yang Anda lakukan untuk mengembangkan bakat menulis dari siswa- siswa tersebut! Jelaskan!
- 16
15 June - 21 June
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 15--20 Juni 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-12.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
1. Simaklah dengan saksama video berikut
2. Tuliskan tanggapan Anda terkait video tersebut dan relevansinya dalam kehidupan saat ini!
- 17
22 June - 28 June
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 22--27 Juni 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-13.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
1. Jelaskan hal-hal yang dapat menghambat keterampilan menulis Anda selaku mahasiswa!
2. Menurut Anda, kekurangan apa saja yang sering terdapat dalam tulisan Anda selaku mahasiswa yang masih harus diperbaiki agar menjadi lebih berkualitas!
- 18
29 June - 5 July
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 29 Juni--4 Juli 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-14.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Bayangkan, kamu adalah seorang guru SD. Pada suatu hari, kepala sekolah memintamu untuk mengirimkan lima orang siswa untuk diikutsertakan dalam lomba mendongeng, membaca puisi, menulis cerpen, berpidato. Namun, Anda tidak yakin bahwa siswa-siswa Anda berbakat di bidang tersebut. Alasan lainnya adalah adanya keraguan pada diri Anda, yakni bagaimana jika siswa-siswa yang Anda pilih nanti hanya dua orang atau bahkan tidak ada yang mau mengikuti lomba tersebut! Apa yang Anda lakukan sebagai guru agar mereka ikut serta dalam lomba tersebut dan mendapatkan hasil yang maksimal!
- 19
6 July - 12 July
- 20
13 July - 19 July