Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
2 March - 8 March
- 2
9 March - 15 March
- 3
16 March - 22 March
Jadwal Diskusi:
Topik diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 23--28 Maret 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-3.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Menurut Anda, di antara keenam literasi tersebut, literasi manakah yang ingin Anda kembangkan sesuai dengan bakat atau potensi Anda? Jelaskan alasannya!
- 4
23 March - 29 March
Jadwal Diskusi:
Topik diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 23--28 Maret 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-3.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Menurut Anda, hal-hal apa saja yang menjadi tantangan terbesar dalam mewujudkan gerakan literasi di sekolah (GLS) agar berkualitas!
- 5
30 March - 5 April
Jadwal Diskusi:
Topik diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 30 Maret--4 April 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-5.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Menurut Anda, kriteria buku yang seperti apa yang dapat menarik minat anak SD di kelas rendah dan tinggi untuk mau membaca!
- 6
6 April - 12 April
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 6--11 April 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-6.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Menurut Anda, bagaimana cara membangkitkan motivasi siswa, khususnya siswa SD, agar mau berkunjung dan membaca di perpustakaan sekolah!
- 7
13 April - 19 April
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 13--18 April 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-7.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Tuliskan secara singkat simpulan di antara materi 1—6. Pilihlah salah satu materi saja yang paling kalian pahami/ kuasai.
- 8
20 April - 26 April
- 9
27 April - 3 May
- 10
4 May - 10 May
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 4--9 Mei 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-8.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik Diskusi
Setelah Anda menyimak video tersebut, jelaskan tanggapan Anda atas keseluruhan isi video! Di manakah letak pembelajaran literasi yang dilakukan guru tersebut? Jelaskan!
- 11
11 May - 17 May
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 11--16 Mei 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-9.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
1. Setelah Anda menyimak video tersebut, jelaskan kegiatan literasi apa saja yang dilakukan guru-guru di SDN Kebondalem?
2. Menurut Anda, apakah kegiatan yang dilakukan tersebut efekfit untuk menunjang GLS? Jelaskan!
- 12
18 May - 24 May
- 13
25 May - 31 May
- 14
1 June - 7 June
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 1--6 Juni 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-10.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Setelah Anda memahami video tersebut dan mengingat kembali tentang enam jenis literasi dasar, jelaskan jenis literasi yang digunakan guru tersebut dalam pembelajarannya! Sertakan contoh/ bukti dari jenis literasi tersebut!
- 15
8 June - 14 June
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 8--13 Juni 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-11.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Bayangkan, Anda seorang guru yang mengajar di daerah pedalaman Indonesia. Anda dihadapkan pada situasi yang penuh tantangan, di antaranya memiliki keterbatasan dalam hal sarana dan prasarana sekolah, akses informasi, dan kemampuan siswa-siswa Anda berada di bawah rata-rata. Sementara itu, waktu ujian akhir sekolah sudah semakin dekat. Jangankan soal yang tingkat kesukarannya tinggi, untuk soal-soal yang mudah, bahkan sangat mudah pun siswa-siswa Anda banyak yang masih bingung memahaminya. Dalam kondisi tersebut, bagaimana Anda menerapkan soal-soal HOTS dalam pembelajaran? Tanggapan harus disertai dengan contoh soal sebagai bahan analisis.
- 16
15 June - 21 June
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 15--20 Juni 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-12.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Setelah Anda menyimak video tersebut, apakah bentuk-bentuk GLK yang diterapkan dalam video tersebut (atau konsep yang serupa) dapat diterapkan di lingkungan keluarga Anda? Adakah kendala dalam pelaksanaannya? Jelaskan!
- 17
22 June - 28 June
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 22--27 Juni 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-13.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Jelaskan kelebihan atau kekurangan dari kegiatan GLM yang ada dalam video tersebut!
- 18
29 June - 5 July
Jadwal Diskusi:
Hari: Senin--Sabtu
Tanggal: 2020
Pukul: 07.00--22.00 WIB
Mahasiswa harap siap di depan monitor
Mahasiswa wajib mengikuti diskusi di forum diskusi sesi ke-.
Tanpa memberikan komentar atau mengajukan pertanyaan dalam forum diskusi, mahasiswa tidak akan dapat membuka atau mengerjakan tugas.Topik diskusi:
Setelah menyimak video tersebut, Menurut Anda, apakah program tersebut cocok untuk diterapkan di sekolah-sekolah ibu kota dan daerah sekitarnya? Jelaskan tanggapanmu!
- 19
6 July - 12 July
- 20
13 July - 19 July