Klik untuk melihat pesan/pengumuman dari Dosen Pengampu
Section
Open allClose all
Instructions: Clicking on the section name will show / hide the section.
- 1
Pertemuan 1
2 March - 8 March - 2
Pertemuan 2
9 March - 15 March** Sudah Terlaksana ** - 3
Pertemuan 3
16 March - 22 March
Diskusi Studi Kasus Sesi 3- “NE KITA KASI MURA” bukanlah sebuah restoran biasa. Restoran ini
memiliki produktivitas yang sangat tinggi di Jepang. Saat kita memasuki
restoran tersebut, kita akan disambut dengan kata-kata “iratasai”, sebuah
ucapan selamat datang dari siapapun yang bekerja dalam toko tersebut –
baik yang memasak, pelayan, pemilik, dan anak-anak pemiliknya. Rumah ini
memiliki ciri kas berbentuk elipsoid yang melayani daerah di pertengahan
ruangan, dimana tiga atau empat koki yang sibuk mempersiapkan sushi.
Sekitar 30 tempat duduk mengelilingi daerah penyajian. Kita duduk di
konter dan langsung disuguhi segelas “misoshiru”, yang merupakan sebuah
sop pasta kacang, sepasang sumpit, segelas the hijau, sebuah piring kecil
untuk membuat saus, dan sebuah lempeng china untuk memegang sumpit. Sejauh
ini, pelayanan ini adalah pelayanan rata-rata untuk sushi house.
Selanjutnya, ditemukan hal-hal yang khusus. Ada sebuah pengangkut barang
yang selalu mengelilingi area pelayanan yang berbentuk elipsoid. Seperti
sebuah boneka yang memiliki rel untuk berjalan. Pada pengangkut tersebut
terdapat sebuah kereta piring sushi. Anda bisa menemukan jenis sushi
apapun yang anda inginkan – mulai dari jenis rumput-laut atau octupus yang
paling murah sampai hidangan salmon atau udang mentah yang mahal. Akan
tetapi, harganya semua sama, yakni 100 yen per piring. Jika diperiksa
lebih dekat, ditemukan bahwa porsi rumput laut yang murah memiliki 4
potongan, sedangkan yang lebih mahal memiliki dua potongan.
Selanjutnya ada seorang pria membawa 8 piring dengan rapi. Ketika dia akan pergi, kasir mengamatinya dan berkatan, “800 yen”. Kasir tidak memiliki kas register, Pada saat pelanggan pergi, terdengar ucapan “Arigato Gosaimas” (terima kasih), dari semua pekerja.
Dari Kasus diatas jelaskan analisa anda dalam perspektif Logika Just In Time (JIT).
- “NE KITA KASI MURA” bukanlah sebuah restoran biasa. Restoran ini
memiliki produktivitas yang sangat tinggi di Jepang. Saat kita memasuki
restoran tersebut, kita akan disambut dengan kata-kata “iratasai”, sebuah
ucapan selamat datang dari siapapun yang bekerja dalam toko tersebut –
baik yang memasak, pelayan, pemilik, dan anak-anak pemiliknya. Rumah ini
memiliki ciri kas berbentuk elipsoid yang melayani daerah di pertengahan
ruangan, dimana tiga atau empat koki yang sibuk mempersiapkan sushi.
Sekitar 30 tempat duduk mengelilingi daerah penyajian. Kita duduk di
konter dan langsung disuguhi segelas “misoshiru”, yang merupakan sebuah
sop pasta kacang, sepasang sumpit, segelas the hijau, sebuah piring kecil
untuk membuat saus, dan sebuah lempeng china untuk memegang sumpit. Sejauh
ini, pelayanan ini adalah pelayanan rata-rata untuk sushi house.
Selanjutnya, ditemukan hal-hal yang khusus. Ada sebuah pengangkut barang
yang selalu mengelilingi area pelayanan yang berbentuk elipsoid. Seperti
sebuah boneka yang memiliki rel untuk berjalan. Pada pengangkut tersebut
terdapat sebuah kereta piring sushi. Anda bisa menemukan jenis sushi
apapun yang anda inginkan – mulai dari jenis rumput-laut atau octupus yang
paling murah sampai hidangan salmon atau udang mentah yang mahal. Akan
tetapi, harganya semua sama, yakni 100 yen per piring. Jika diperiksa
lebih dekat, ditemukan bahwa porsi rumput laut yang murah memiliki 4
potongan, sedangkan yang lebih mahal memiliki dua potongan.
- 4
Pertemuan 4
23 March - 29 March - 5
Pertemuan 5
30 March - 5 April - 6
Pertemuan 6
6 April - 12 April
1. Apa saja yg termasuk dalam Set Up pada proses Manufaktur?2. Apa pentingnya dalam pengelolaan Set Up dalam Peroses manufaktur ?
- 7
Pertemuan 7
13 April - 19 April - 8
Pelaksaan UTS
20 April - 26 AprilUjian Tengah Semester /UTS - 9
Pelaksaan UTS
27 April - 3 MayUjian Tengah Semester /UTS - 10
4 May - 10 May
- 11
11 May - 17 May
- 12
18 May - 24 May
- 13
25 May - 31 May
- 14
1 June - 7 June
- 15
8 June - 14 June
- 16
15 June - 21 June
- 17
22 June - 28 June
- 18
29 June - 5 July
- 19
6 July - 12 July
- 20
13 July - 19 July